02 October 2012

MALAS???? OH TIDAK!!!!!

Pasti semua manusia pernah merasakan penyakit mental yang satu ini.  Tapi yang namanya penyakit pasti bisa di cegah dan di sembuhkan sesuai dengan sunnatullah. Nah disini, aku menyampaikan sedikit tips bagaimana mencegah penyakit mental yang menyebalkan ini datang. Ingat! Mencegah lebih baik daripada mengubati!


Beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar si malas tiada di kepalamu:

1.Mengamalkan beberapa sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alahi wa sallam setiap bangun tidur

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallaahu ‘alahi wa sallam bersabda
“Setan itu akan mengikat tengkuk salah seorang dari engkau yang tengah tidur dengan tiga ikatan sehingga engkau tidur semalaman. Apabila salah seorang dari engkau bangun dan menyebut nama Allah, maka lepaslah ikatan pertama. Lalu apabila ia berwudu, maka lepaslah ikatan yang kedua. Dan apabila diteruskan dengan shalat, maka lepaslah ikatan yang ketiga, sehingga ia akan bersemangat dan berhati jernih. Kalau tidak maka hatinya akan kusut dan malas”
Jadi, ketika bangun tidur biasakanlah berdoa dan disunnahkan mengusap muka, setelah itu di anjurkan sekali untuk bersiwak atau menggosok gigi dan dilanjutkan dengan berwudhu. Lakukanlah shalat dua raka’at setelahnya, bisa shalat sunnah tahajjud (jika belum masuk waktu subuh), shalat sunnah fajar (jika telah mendengar suara azan) atau bahkan shalat subuh (jika telah ketinggalan shalat berjamaah dimasjid. Caution! Jangan biasakan ketinggalan shalat subuh berjemaah karena dijamin kamu bakal rugi!!! Coba aja cek hadits keutamaan shalat subuh berjamaah).

2.Membuat perencanaan hari ini

Dengan membuat rencana atau targetan harian, kamu bisa memfokuskan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan pada hari ini, sehingga kamu bisa memperkirakan pada jam-jam berapakah kamu mesti melakukan sedikit break atau istirahat untuk menghilangkan rasa jenuh dan kantuk. kamu bisa membuat schedule yang jelas dengan waktunya, atau setidaknya kamu bisa membuat sebuah catatan List to do. Ada baiknya jika kamu mempunyai visi atau tujuan hidup yang telah dituliskan sebelumnya, jadi kamu bisa melihat catatan itu kembali untuk meningkatkan semangat dalam mencapainya dan menjadi panduan untuk menentukan apa saja yang akan dikerjakan hari ini. Jika kamu belum mempunyai dan belum menuliskan tujuan hidup yang jelas, maka tuliskanlah sekarang!

3.Selalu disiplin!

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan meskipun itu hanya pekerjaan sepele seperti mengambil segelas air, bisa memicu munculnya penyakit malas ini, meskipun kamu hanya menunda satu menit! Ingatlah untuk selalu disiplin dan kerjakan saat ini juga

4.It’s time to break

Selalu sisihkan waktumu untuk istirahat di sela-sela kegiatanmu dan sangat di anjurkan sekali waktu untuk istirahat ini tidak lebih dari setengah jam. Kecuali jika semua pekerjaanmu telah selesai dan tidak ada lagi yang akan dikerjakan. Gunakanlah waktu istirahat ini untuk melakukan hobimu, seperti mendengar musik, membaca buku, minum teh, berbincang-bincang dsb. Intinya gunakanlah waktu istirahat ini dengan hal-hal yang membuatmu nyaman dan merasa semangat kembali. Jika waktu istirahat habis, segeralah untuk kembali melanjutkan pekerjaanmu!

5.Senangi pekerjaanmu

Pekerjaan yang membosankan atau melelahkan pastinya lebih mudah untuk membuatmu merasa jenuh. Jika itu terjadi, lakukanlah balas dendam dengan segera setiap kamu selesai mengerjakannya dengan beristirahat seperti tips nomor empat. Tapi, sebelumnya kamu bisa mencegah rasa jenuh itu datang atau setidaknya memperlambat kedatangannya dengan menyenangi pekerjaan atau aktivitas yang sedang kamu lakukan. Jadilah kreatif untuk membuat pekerjaanmu semakin menyenangkan dan tidak monoton.

Dengan mencoba melakukan beberapa hal diatas, insya Allah rasa malas itu tidak mampir di sela-sela kesibukanmu. Selalu biasakan untuk berdoa, meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang menyebabkan rasa malas itu datang dan tetap SEMANGAT!!!





Nb: Share tulisan ini untuk berbagi dengan teman-teman yang lain dan insya Allah berpahala jika kamu ikhlas atau abaikan saja.

No comments: